Serba-serbi Ulasan Seputar Apotek Kimia Farma

  • 2 min read
  • Jan 09, 2020
Apotek Kimia Farma

Apotek Kimia Farma terbentuk dari sebuah perusahaan dengan nama PT Kimia Farma Tbk. Perusahaan ini bergerak dalam bidang industri farmasi yang sekaligus merupakan industri farmasi pertama di Indonesia. PT Kimia Farma ini didirikan pada tahun 1817 oleh Pemerintah Hindia Belanda. Sebelum menjadi PT Kimia Farma Tbk, perusahaan ini memiliki nama NV Chemicalien Handle Rathkamp & Co. setelah hal itu kemudian dengan berkembangnya Indonesia akhirnya perusahaan tersebut berganti menjadi perseroan dan diberi nama PT Kimia Farma.

Perusahaan ini merupakan perusahaan pelopor berdirinya dan diciptakannya pelayanan kesehatan yang terintegrasi di wilayah Indonesia. Perseroan ini dibangun dan pada akhirnya dikembangkan demi mewujudkan kepentingan bangsa khususnya terkait dengan kesehatan seluruh masyarakat di Indonesia. Pemberian nama persero pada PT Kimia Farma ini didukung dengan pencatatan dan juga pengesahan dari Bursa Efek Indonesia. Sehingga perusahaan ini sudah sah menjadi perusahaan perseroan.

Dengan berbagai dukungan yang kuat serta pengembangan riset yang telah dilakukan, perusahaan ini akhirnya mengelola dan juga memproduksi berbagai macam obat seperti obat-obatan jadi, obat-obatan tradisional, kina, yodium, serta obat-obatan turunan lainnya. Dengan perkembangan tersebut perusahaan ini membangun beberapa tempat fasilitas produksi yang ditempatkan di kota-kota besar yang menjadi tulang punggung industri tersebut. Fasilitas produksi tersebut meliputi:

  • Plant Jakarta, yang bertugas untuk memproduksi obat-obatan jenis tablet, kapsul, sirop, granul, krim, tetes mata, antibiotika, dan juga injeksi. Plant unit Jakarta ini juga merupakan satu-satunya industri yang diberikan tugas untuk memproduksi obat jenis narkotika oleh pemerintah setempat.
  • Plant Semarang, industri ini lebih fokus dalam memproduksi berbagai macam minyak dan juga membuat bedak. Industri ini juga telah mengantongi sistem manajemen ISO-9001 yang memastikan kualitas produk terjamin.
  • Plant Bandung, fasilitas ini lebih memproduksi obat kina beserta obat turunan lainnya, serta memproduksi rifampicin serta alat kontrasepsi.
  • Plant Sarolangun, unit ini terletak di Jambi Barat yang lebih memproduksi berbagai macam minyak serta kosmetik (bedak).
  • Plant Watudakon, unit ini terletak di Jawa Timur yang memproduksi yodium dan juga garamnya. Bahan tersebut digunakan sebagai bahan baku pembuatan tablet besi yang digunakan pada obat penambah darah.
  • Plant Tanjung Morawa, unit ini terletak di Medan, Sumatera Utara. Unit ini khusus melakukan pemasokan obat-obatan di wilayah Sumatera.

Dari keberanian perusahaan tersebut hingga sekarang Kimia Farma telah mengembangkan sayapnya berupa mendirikan apotek-apotek di seluruh Indonesia. Hingga saat ini apotek-apotek tersebut akhirnya meluncurkan portal baru yang berbasis digital. Hal tersebut disahkan pada 4 Januari 2017 yang bertujuan untuk lebih memberikan kemudahan bagi pelanggan Kimia Farma dalam mendapatkan obat-obatan yang mereka perlukan. Portal baru dari Kimia Farma tersebut berupa:

  • E-Commerce

Portal E-Commerce diciptakan sebagai wadah untuk mempermudah pelanggannya dalam mengakses produk yang disediakan oleh Kimia Farma. Anda dapat mengakses portal ini di laman kimiafarmaapotek.co.id. Dengan pembuatan portal digital ini diharapkan untuk masyarakat ikut andil dalam menjadi entrepreneur dengan bergabung menjadi Mediv.

  • Go-Mart

Portal Go-Mart diciptakan oleh perusahaan guna untuk memudahkan para pelanggan setia Kimia Farma dalam mendapatkan obat-obatan yang mereka perlukan. Di mana, nantinya pelanggan dapat menitipkan produknya dengan Go-Mart untuk diantarkan ke alamat rumah Anda. Sebuah kemudahan yang disediakan oleh perusahaan demi memberikan kenyamanan pelanggannya. Untuk menjaga kualitasnya, setiap pemesanan yang akan diantar kepada pelanggan, produk tersebut dilengkapi dengan segel dan informasi mengenai obat tersebut.

Itulah beberapa informasi mengenai Apotek Kimia Farma yang dapat Anda jadikan referensi ketika Anda hendak mencari suatu obat. Tentunya untuk informasi lebih lengkapnya Anda dapat menghubungi Call Center Kimia Farma di 1-500-255.