Minuman yang Wajib Dikonsumsi untuk Memperlancar Sembelit

  • 3 min read
  • Apr 23, 2021
Minuman yang Wajib Dikonsumsi untuk Memperlancar Sembelit

Buang air besar (BAB) merupakan suatu tindakan atau proses makhluk hidup untuk membuang kotoran atau tinja yang padat atau setengah-padat yang berasal dari sistem pencernaan makhluk hidup. Manusia dapat melakukan buang air besar beberapa kali dalam satu hari atau satu kali dalam beberapa hari. (1) Frekuensi buang air besar (BAB) antara satu orang dengan orang lainnya sangat mungkin berbeda. Ada orang yang BAB hanya sekali dalam sehari. Ada pula orang yang terbiasa baru BAB dua hari sekali. Melansir Health Line, tidak ada aturan baku tentang berapa kali seseorang harus BAB dalam sehari. Urusan buang air besar bisa dibilang sangat individual. Di mana, frekuensi maupun jumlah kotoran yang dibuang seseorang sangat mungkin berbeda dengan orang lainnya. (2) Namun, beberapa orang sering mengalami kesulitan BAB dan Konstipasi atau sembelit menjadi salah satu masalah pencernaan yang sering dialami banyak orang. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Gastroenterology pada bulan Januari lalu mengungkap, 15 persen orang di dunia mengalami sembelit. Kurang minum menjadi faktor utama yang menyebabkan terjadinya sembelit. Berikut Analisis yang diterbitkan di American Journal of Gastroenterology pada April 2013 juga menemukan fakta serupa. Disebutkan, ada lebih dari 9.000 orang dewasa mengalami sembelit karena kurang minum dan asupan serat. Dengan berkaca pada data tersebut, maka terlihat betapa asupan cairan dalam tubuh menjadi hal bisa membantu mengatasi masalah sembelit. (3)

Untuk mengatasi sembelit biasanya kita lebih sering mengonsumsi obat-obatan untuk hasil yang lebih terlihat, namun jangan lupa obat-obatan bisa menimbulkan efek samping yang kita tidak ketahui dan mengakibatkan ketergantungan akibat dari obat yang kita konsumsi. (4) Selain obat-obatan, ada cara yang bisa dibilang cukup mudah untuk dilakukan yaitu dengan cara memenuhi asupan cairan tubuh kita. Berikut adalah beberapa jenis air minum yang baik yang bisa membantu kita untuk memperlancar pencernaan kita:

Jus Buah

Mengkonsumsi jus dari beberapa buah yang kaya akan vitamin, mineral dan serat, sangat ampuh membantu kita untuk memperlancar saluran pencernaan kita. Seperti Jus Apel, Jus Jeruk, Jus pir, Jus plume, Air perasan Lemon dan beberapa buah yang kaya akan kandungan sorbitol (kandungan yang bisa melunakan feses).

Beberapa Jenis Teh

  • Teh dandelion

Teh dandelion dianggap ampuh dalam menangani masalah pencernaan ringan, seperti perut kembung maupun sembelit. Dandelion dapat merangsang organ hati untuk memproduksi cairan empedu yang secara tidak langsung bisa melancarkan BAB. Selain itu, teh dandelion juga bersifat diuretik dan bisa meningkatkan kadar air di dalam sistem pencernaan dan feses.

  • Teh akar licorice

Teh yang terbuat dari akar licorice merupakan obat alami populer untuk masalah pencernaan karena mengandung anti radang yang bisa membantu pencernaan. Setelah makan, cobalah seruput teh akar licorice untuk menenangkan sistem pencernaan dan melancarkan BAB.

  • Teh chamomile

Minum teh chamomile setelah makan dipercaya dapat menenangkan otot-otot di bagian usus dan melancarkan BAB. Selain aromanya harum, teh ini pun bisa menyehatkan sistem pencernaan.

  • Teh peppermint

Mungkin beberapa dari kita tidak tahu, kalau ada banyak obat gangguan pencernaan yang mengandung peppermint? Tanaman ini mengandung menthol yang bisa menenangkan sakit perut saat sedang sembelit. Cobalah minum teh peppermint setelah makan agar sembelit dan sakit perut dapat diatasi.

  • Teh Jahe

Jika sembelit yang kita rasakan terjadi akibat gangguan pencernaan, jahe dapat menjadi solusi rumahan yang tepat karena dipercaya mampu mengatasi iritasi pada sistem pencernaan. Bahkan, mengonsumsi teh jahe setelah makan sebanyak 1-2 cangkir dalam sehari dapat membantu tubuh memproses makanan sehingga BAB menjadi lancar. (5)

Yoghurt

Olahan fermentasi dari susu ini juga merupakan salah satu jenis minuman yang dapat membantu dalam melancarkan sistem pencernaan. Yogurt memiliki kandungan bakteri baik di dalamnya. Selain itu, menu ini dapat membantu merangsang usus besar untuk lebih melunakkan feses.

Air Putih

Mencegah lebih baik daripada mengobati, itulah slogan yang sangat baik apabila kita ingin terhindar dari penyakit yang membuat kita tidak nyaman, seperti sembelit. Sebaik-baiknya minuman lain yang biasa dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan, tetap air putih yang menjadi alternatif paling utama. Selain untuk mencegah dehidrasi, mengonsumsi air putih 8 gelas sehari akan memberikan efek segar dan juga membantu dalam melancarkan sistem pencernaan pada tubuh. Selain itu, air putih bisa dengan mudah kita konsumsi cerna daripada minuman lain.

Di atas merupakan contoh minuman yang bisa membantu kita untuk melancarkan pencernaan. Namun yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kita untuk tetap konsisten menjaga kesehatan pencernaan.

Dengan minum air putih secara rutin, kamu sudah menjaga pencernaanmu, lho. Apalagi sekarang air minum berkualitas sudah bisa didapatkan dengan sangat mudah, seperti VIT yang telah tersedia di berbagai tempat dan terjangkau, mulai dari supermarket hingga warung dekat rumah. Jadi jangan salah pilih air putih untuk membantu dalam melancarkan pencernaan, yang berkualitas dan harga pas ya VIT! (6)

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Buang_air_besar
  2. https://health.kompas.com/read/2020/02/10/103100968/buang-air-besar-normalnya-berapa-kali-sehari?page=all
  3. https://lifestyle.kompas.com/read/2020/11/04/060000120/sulit-bab-di-pagi-hari-atasi-dengan-6-minuman-ini?page=all
  4. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5123437/6-minuman-sehat-dan-enak-yang-bisa-lancarkan-bab
  5. https://www.sehatq.com/artikel/minuman-pelancar-bab-yang-ampuh-atasi-sembelit
  6. https://www.minumvit.co.id/aboutus