4 Cara Perawatan Tepat untuk Behel Gigi

  • 2 min read
  • Oct 17, 2019
4 Cara Perawatan Tepat untuk Behel Gigi

Memiliki gigi yang indah dan rapi adalah impian semua orang, tidak terkecuali bagi Anda. Gigi putih, bersih, dan sehat pasti akan menambah kepercayaan diri. Kawat gigi atau Stirrup adalah solusi bagi Anda yang ingin mempercantik gigi. Behel gigi atau Stirrup adalah alat yang berfungsi untuk mengembalikan gigi tidak rata, atau maju agar memiliki bentuk yang ideal sehingga terlihat cantik dan teratur dengan memberikan penekanan pada gigi agar dapat bergerak ke posisi yang sempurna.

Namun, gigi yang dibehel memerlukan perawatan khusus untuk menjaga kesehatannya. Berikut ini adalah cara-cara perawatan gigi dengan behel yang tepat:

1. Gunakan air garam untuk Berkumur

Yang pertama dari tips khusus ini untuk Anda yang giginya baru saja dipasang behel. Saat pertama kali menggunakan sanggurdi, tidak diragukan lagi Anda akan merasakan sakit di daerah gigi, bukan? Ini disebabkan gigi tidak bisa beradaptasi dengan tekanan yang diberikan oleh kawat gigi. Untuk menghilangkan rasa sakit, yang bisa Anda lakukan adalah berkumur menggunakan segelas air yang sudah dicampur 2 sendok makan garam. Berkumurlah secara teratur dua kali sehari pagi dan sore hari.

2. Gosok gigi dengan Special Toothbrush

Menggunakan behel gigi bukan berarti gigi tidak bisa dibersihkan, Ya. Jadi Anda harus lebih rajin menyikat gigi agar tidak terjadi karena penumpukan plak pada gigi atau sisa di sela-sela kawat gigi. Selain itu, rajin menyikat gigi juga mencegah gigi Anda dari kuning, yang mana warna kuning ini akan mengurangi estetika gigi.

3. Bersihkan sisa makanan dengan benang gigi

Selain menyikat gigi secara teratur, cara merawat gigi berbehel juga dengan membersihkan sisa-sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi atau menggunakan kawat benang gigi atau benang gigi khusus. Ini penting dilakukan karena gigi berbehel lebih rentan membentuk karang jika tidak mengindahkan dengan serius. Anda bisa berlatih dengan cara ini setelah menggosok gigi terlebih dahulu.

4. Berkumur dengan Obat Kumur

Jika air garam terakhir ditujukan untuk menghilangkan rasa sakit saat menggunakan behel gigi yang terpasang, maka setelah sekian lama, Anda masih perlu berkumur, tetapi kali ini gunakan obat kumur yang banyak ditemukan di pasaran. Penggunaan obat kumur (mouthwash) adalah cara merawat gigi Stirrup yang efektif membantu melawan kuman dan bakteri penyebab bau mulut dan gigi berlubang. Obat kumur diperkaya dengan sejumlah zat yang penting untuk merawat gigi dan mulut jadi jangan sampai Anda lepas dari aktivitas ini. Gunakan obat kumur setiap habis menggosok gigi.

Dan untuk Anda yang ingin menggunakan behel pada gigi, baik untuk kesehatan dan memperindah senyum Anda, jangan khawatir. RATA, The First Indonesian Clear Aligner, hadir untuk memenuhi segala kebutuhan gigi Anda.