Sejarah Nasi Tumpeng

Nasi Tumpeng adalah cara penyajian nasi yang berbentuk kerucut dan ditata bersama dengan lauk-pauknya; karena itu disebut pula ‘nasi tumpeng’. Olahan nasi yang dipakai pada umumnya berupa nasi kuning, meskipun kerap juga digunakan nasi putih biasa atau nasi uduk.

Nasi Tumpeng digunakan oleh masyarakat Jawa dan sekitarnya (termasuk adalah Madura dan Bali), untuk membuat persembahan kepada gunung-gunung sebagai bentuk tanda penghormatannya bahwa ada leluhur yang sudah mendiami gunung-gunung tersebut. Hal ini sudah terjadi sejak lama, jauh sebelum agama masuk ke Nusantara.

Kemudian, agama Hindu masuk ke Indonesia. Perayaan dan pembuatan tumpeng sudah mengalami sedikit perubahan, yaitu dari mulai bentuk nasinya. Nasi tumpeng baru mulai dibuat kerucut ketika masa agama Hindu masuk ke indonesia. Kerucut merupakan tiruan dari bentuk gunung Mahameru sebagai tempat bersemayamnya para dewa-dewi menurut kepercayaan mereka.

Setelah agama Islam masuk, pembuatan tumpeng mulai kembali disesuaikan dengan kaidah-kaidah Islam, dan kemudian menjadi nasi tumpeng yang saat ini kita kenal sampai sekarang. Biasanya digunakan untuk perayaan tertentu seperti syukuran, kenduri, dan sebagainya.

Manfaat Nasi Tumpeng

  1. Membantu meredakan peradangan pada
  2. Membantu mencegah kanker
  3. Membantu mencegah penyakit alzeimer

Filosofi Dari Nasi Tumpeng

Tumpeng itu berasal dari sebuah singkatan ‘yen metu kudu mempeng’ yang memiliki arti tersendiri. Bila diterjemahkan dalam kamus bahasa Indonesia, ‘yen metu kudu mempeng’ berarti ‘ketika keluar harus sungguh-sungguh semangat.

Ternyata dalam penyajiannya nasi tumpeng biasanya juga dilengkapi dengan 7 macam lauk-pauk. 7 dalam bahasa Jawa berarti pitu. Angka pitu berarti pitulungan (pertolongan) kepada Tuhan.  Berikut makna dari 7 macam lauk-pauk yang biasanya disajikan dalam nasi tumpeng sebagai berikut:

1. Nasi berbentuk kerucut

Nasi dibentuk menjadi sebuah bentukan kerucut dapat juga diartikan sebagai harapan agar hidup selalu sejahtera, melambangkan tangan merapat untuk selalu menyembah kepada Tuhan, dan sebagai simbol pengharapan agar kesejahteraan hidup kita pun semakin sukses.

Nasi yang digunakan juga biasanya nasi putih ataupun nasi uduk. Warna putih berarti kesucian sehingga nasi tumpeng jenis ini kerap disajikan dalam upacara keagamaan. Sementara warna kuning juga melambangkan kesejahteraan, kekayaan, atau rezeki yang melimpah.

2. Ayam

Menyembelih ayam jago juga mempunyai banyak makna menghindari sifat-sifat buruk ayam jago, antara lain: sombong, congkak, kalau berbicara selalu menyela dan merasa tahu/menang/benar sendiri (berkokok), tidak setia dan tidak perhatian kepada sang anak dan istri.

3. Ikan Lele

Ikan ini menjadi simbol dari ketabahan, keuletan dalam hidup dan sanggup hidup dalam situasi ekonomi yang paling bawah sekalipun.

4. Ikan Teri

Ikan ini biasanya digoreng dengan atau tanpa tepung. Ikan teri selalu hidup bergerombol, sebagai contoh dari kebersamaan dan kerukunan.

5. Telur rebus

Telur juga menjadi simbol jika manusia diciptakan dengan fitrah yang sama. Yang membedakan nantinya hanyalah ketakwaan dan tingkah lakunya.

6. Sayur urap

Pelengkap lainnya adalah sayur urab lainnya, sayur-sayuran yang digunakan juga mengandung simbol-simbol penting, antara lain:

  • Kangkung berarti jinangkung yang berarti melindung,
  • Bayam (bayem) berarti ayem tentrem,
  • Taoge/cambah yang berarti tumbuh,
  • Kacang panjang berarti pemikiran yang lebih jauh ke depan,
  • Bawang merah melambangkan arus mempertimbangkan segala sesuatu dengan matang baik buruknya,
  • 6 Cabe merah diujung tumpeng merupakan symbol dilah/api yang meberikan penerangan/tauladan yang bermanfaat bagi orang lain,
  • Kluwih yang berartikan linuwih atau mempunyai kelebihan dibandingkan dengan lainnya, dan
  • Bumbu urap yang berartikan urip/hidup atau mampu menghidupi (menafkahi) keluarga.

7. Cabe Merah

Hiasan cabe ini melembangkan api yang memberikan penerangan yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Pesan Nasi Tumpeng Tebet Jakarta Selatan

Nasi tumpeng memang umumnya disantap di hari spesial atau pada acara-acara tertentu. Perayaan dengan konsumsi tumpeng justru memudahkan hidangan bagi para tamu yang hadir, apalagi karena tumpeng jaman sekarang memiliki tampilan modern. Dan Anda juga bisa tinggal langsung delivery order di jasa catering nasitumpengjakartaselatan.com.

Berikut ini cara pesan nasi tumpeng Tebet Jakarta Selatan yang murah meriah di catering kami:

  1. Tentukan jumlah porsi tumpeng sesuai dengan jumlah tamu undangan

Jasa catering menyediakan nasi tumpeng gunungan dengan minimal pemesanan 20 porsi hingga 100 porsi dan lebih. Tentukan berapa kebutuhan porsi tumpeng yang ingin dipesan sesuai dengan jumlah tamu acara Anda. Dengan begitu semua tamu undangan dapat mencicipi tumpeng enak yang Anda hidangkan dengan memesan di tempat kami.

  1. Tentukan jenis tumpeng dan lauk pauknya yang ingin dipesan

Selama ini mungkin Anda familiar dengan jenis nasi tumpeng kuning. Tapi saat ini ada tumpeng modern yang menawarkan tidak hanya nasi tumpeng kuning, namun juga tumpeng hijau dan putih biasa/ putih gurih. Anda bisa memilih tumpeng yang ingin dipesan sesuai dengan selera nasi yang Anda sukai.

Selain jenis nasi, tentukan juga lauk pauk pelengkap apa yang ingin Anda pesan. Ada berbagai macam lauk pauk. Contoh lauk pauk nasi tumpeng yang disediakan antara lain yaitu:

  • Ayam goreng/ ayam bakar
  • Perkedel kentang
  • Mie goreng
  • Telur rawis
  • Sambal goreng kentang ati
  • Kering tempe
  • Emping
  • Sambal dan hiasan dari sayur

Selain menu lauk pauk di atas, jasa catering nasi tumpeng murah kami juga menyediakan menu lauk pauk tambahan seperti: telur balado, telur pindang, daging empal, rendang, ayam kampung jantan, mie goreng, dendeng balado, urap, udang balado/goreng tepung, ayam kampung betina, ayam broiler, ayam kampung jantan/bekakak/ayam ingkung.

Semua menu nasi tumpeng dan lauk pauknya sudah dikemas secara rapi di atas nampah beralaskan daun pisang. Tampilan tumpeng kelihatan mewah dan mahal, meski harga terjangkau. Langsung hubungi customer service kami sekarang

Setelah Anda yakin ingin pesan berapa porsi tumpeng beserta dengan jenis menunya, sekarang Anda cukup menghubungi customer service kami. Ingat bahwa sebaiknya pesan tumpeng di tempat kami paling tidak H-1. Sertakan informasi mengenai:

  • Jumlah porsi yang ingin dipesan
  • Jenis nasinya apakah kuning, hijau atau putih
  • Bentuk tumpeng apakah kerucut atau susun
  • Waktu dan alamat pengiriman

Setelah melakukan pembayaran, kami akan segera memproses pesanan Anda dan tumpeng akan diantarkan tepat waktu di hari-H. Tunggu apalagi, Pesan Nasi Tumpeng di Tebet Jakarta Selatan bisa delivery order sekarang juga.