7 Manfaat Air Minum Berkualitas dari Pegunungan Ketimbang Air Rebusan

  • 3 min read
  • Jun 10, 2020
7 Manfaat Air Minum Berkualitas dari Pegunungan Ketimbang Air Rebusan

Setidaknya tubuh manusia dewasa mengandung 55% – 60% air menyesuaikan dengan berat tubuhnya. Dengan kata lain, air minum berkualitas itu penting dan sangat vital agar tubuh dapat bekerja dengan optimal [1].

Air sendiri dapat diperoleh dengan mudah, namun belum banyak yang tahu mengenai kandungannya. Jernihnya air bukan satu-satunya indikator air layak minum sehingga membutuhkan berbagai aspek pendukung.

Lantas, apakah air rebusan sudah pasti sehat? Perlukah air pegunungan jika memiliki air minum dari hasil rebusan? Proses merebus air di atas 100 derajat celsius merupakan syarat pertama untuk membunuh berbagai bakteri yang merugikan [2].

Berbeda dengan air rebus, untuk air pegunungan biasanya menggunakan berbagai macam penelitian serta membutuhkan waktu bertahun-tahun guna mencari manfaatnya secara langsung.

Setidaknya ini dia 7 manfaat air minum berkualitas dari mata air pegunungan dibandingkan air rebusan.

  1. Terhindar dari Bahan Kimia

Letak air pegunungan yang tinggi dan jauh dari pemukiman membuat sumber mata air ini terbebas dari kontaminasi limbah. Hal ini berarti senyawa kimia tidak terjamah hingga pegunungan dan memiliki kandungan yang baik.

Unsur kimia sendiri berarti air terhindar dari kontaminasi buruk seperti logam, zat radioaktif, racun, maupun senyawa lainnya karena proses alamiah di pegunungan [3].

  1. Bebas Mikrobiologi

Berbeda dengan kimia, mikrobiologi merupakan bakteri yang hidup dan memberikan efek yang buruk untuk kesehatan tubuh. Bakteri patogen yang biasa berada di air mampu menyebabkan berbagai penyakit seperti tifus, kolera, dan muntaber [3].

  1. Mengandung Oksigen

Air pegunungan berada di dataran yang tinggi sehingga memiliki kandungan oksigen yang lebih banyak dibandingkan air di dataran rendah. Kandungan oksigen ini bermanfaat dalam melancarkan sirkulasi darah di tubuh.

  1. Proses Filter Alami

Satu indikator yang tidak kalah penting adalah proses air pegunungan yang mengalir melalui proses penyaringan atau filter alami. Air yang mengalir memiliki beragam kebutuhan dan kualitas yang baik dari segi kimiawi maupun mikrobiologi [1].

Biasanya air pegunungan akan mengandung berbagai mineral bermanfaat dan tidak hanya berfungsi sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang.

  1. Terpapar Sinar Matahari

Pancaran sinar matahari langsung yang mengandung sinar ultraviolet mampu menjernihkan kandungan air pegunungan. Kualitas air meningkat seiring pancaran sinar matahari di daratan yang tinggi.

Tidak lupa, air pegunungan yang naik ke permukaan sudah melalui berbagai macam penyaringan alami yang membuat kualitas air lebih bersih.

  1. Kaya Mineral

Manfaat air kandungan air minum berkualitas berikutnya adalah kaya akan mineral. Penyaringan yang alami dari air pegunungan menghasilkan berbagai manfaat seperti kandungan magnesium, zinc, kalsium, kalium, silica, dan lain sebagainya [3].

Mineral ini masing-masing memiliki peran yang baik untuk ketahanan tubuh manusia. Kesehatannya juga dapat diserap di hampir seluruh organ tubuh sehingga membantu bekerja lebih optimal.

  1. Menyehatkan Tubuh

Tubuh yang mendapatkan asupan air mineral berkualitas akan mendapatkan berbagai manfaat penting di seluruh organ tubuh. Dari rambut, kulit, ginjal, jantung, tulang, sendi membutuhkan air untuk bekerja optimal [5].

Beragam kandungan mineral seperti kalsium dapat menambah daya tahan tulang serta kalium untuk proses ketahanan tulang dari berbagai proses pelapukan. Tidak lupa ginjal dan kulit sangat bertumpu pada air guna menjaga kelembapan.

Tentu 7 manfaat di air pegunungan sulit didapatkan dari air rebusan. Karena selain proses pemasakan yang cukup merusak kandungan mineral, sumber air rebusan biasanya tidak berasal dari air pegunungan.

AQUA percaya kesehatan menjadi kunci penting dalam meningkatkan gaya hidup yang sehat. Kualitas air minum AQUA sudah melalui 9 kriteria dan 5 syarat guna memenuhi kualifikasi air layak konsumsi [1].

AQUA juga percaya bahwa untuk mendapatkan air minum berkualitas, harus dimulai dari asalnya. AQUA melindungi ekosistem di sekitar sumber air sehingga kealamian mineralnya terjaga, serta mendukung keberlangsungan sumber air. Kebaikan AQUA bisa didapatkan dengan manfaat dari alam secara utuh, menghasilkan air minum berkualitas.

Proses pengecekan juga dilakukan oleh para ahli geologi dan geohidrologi sehingga menghasilkan air minum berkualitas dengan segudang manfaat dan kebaikan.

Karena AQUA percaya setiap tetes baik untuk kesehatan tubuh. Jangan lupa penuhi asupan air mineral harian dari AQUA, Karena Kebaikan Berawal Dari Sini.

Referensi:

  1. https://www.sehataqua.co.id/inilah-keunggulan-air-minum-dari-sumber-air-pegunungan/
  2. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3373218/mana-lebih-aman-air-mineral-kemasan-atau-air-rebusan
  3. https://www.sehatq.com/artikel/mana-yang-lebih-aman-air-minum-isi-ulang-atau-air-keran-rebusan
  4. https://www.kompasiana.com/rasyidpanji/56492e672323bdd40401afc3/ini-dia-manfaat-air-minum-sehat-pegunungan
  5. https://www.sehataqua.co.id/manfaat-air-putih-untuk-ginjal-dan-tubuh-yang-sehat/