Payudara adalah aset yang sangat berharga. Bentuknya yang bulat dan kencang dapat meningkatkan rasa percaya diri seorang wanita. Namun, banyak wanita yang hanya fokus memelihara bentuk payudara tanpa memedulikan kesehatannya.

Kanker payudara adalah penyakit kanker mematikan nomor 2 bagi wanita setelah kanker serviks. Sangat disayangkan jika kebanyakan wanita tidak memperhatikan kesehatan payudaranya. Kanker payudara sebenarnya dapat dicegah dengan selalu memelihara kesehatan payudara. Apa saja yang perlu dilakukan untuk memelihara kesehatannya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Berolahraga

Berolahraga tentunya dapat menjaga kesehatan. Anda juga dapat melatih otot dada yang dapat mengencangkan payudara sehingga selain tubuh Anda sehat, payudara Anda juga kencang. Namun, sebenarnya olahraga terbaik untuk mencegah kanker payudara adalah melakukan senam aerobik.

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa melakukan senam aerobik selama minimal 150 menit dalam seminggu dapat mengurangi kemungkinan terkena kanker payudara. Hal ini bagus untuk membakar sejumlah lemak dalam tubuh. Sebagian timbunan lemak akan disimpan dalam jaringan payudara. Jumlah lemak dalam jaringan payudara yang berlebih dapat menghasilkan hormon estrogen yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker.

Mengurangi Konsumsi Lemak Hewani

Seperti yang disebutkan sebelumnya, timbunan lemak berlebih di payudara dapat memicu tumbuhnya sel kanker. Ternyata, hal yang sama juga bisa terjadi jika terdapat lemak yang berlebih di beberapa bagian tubuh. Menurut ahli, diet kaya lemak bisa membuat usus menghasilkan zat kimia yang jika terkena bakteri dapat berubah menjadi estrogen. Estrogen penyebab kanker ini kemudian akan disimpan dalam payudara.

Istirahat yang Cukup

Ternyata ada banyak hal yang menyebabkan produksi hormon estrogen. Terganggunya produksi hormon melatonin bisa menjadi salah satunya. Hormon melatonin adalah hormon yang membantu Anda tertidur. Namun, jika Anda memutuskan untuk begadang, produksinya bisa terganggu. Oleh karena itu, Anda harus tidur cukup sekitar 7 hingga 8 jam sehari dan jangan begadang jika tidak benar-benar perlu. Jika Anda kesulitan tidur, Anda bisa mulai dengan mematikan lampu dan minum air putih. Suasana yang redup dan tubuh yang dingin dapat membantu menciptakan tidur yang berkualitas.

Hindari Stres

Anda pasti sudah tahu bahwa stres bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah kanker. Tubuh yang stres dapat mengganggu kestabilan beberapa jenis hormon, salah satunya estrogen. Jika pekerjaan Anda rawan stres, sering-seringlah mengatur pernapasan dan menonton film-film komedi. Kedua hal tersebut dapat menstabilkan gelombang otak dan menekan stres.

Menambah Konsumsi Sayur dan Buah

Sayur dan buah mengandung banyak serat yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa manfaat serat antara lain: (1) dapat menurunkan estrogen dalam darah dan (2) menarik keluar lemak berlebih. Selain itu, sayur dan buah mengandung flavonoid dan karotenoid. Kedua senyawa tersebut adalah antioksidan yang berfungsi mencegah penyakit kanker. Sayuran yang paling baik mencegah sel kanker adalah yang berwarna hijau. Buah-buahan sitrus juga sangat baik dalam menyerap lemak.

Mudah-mudahan setelah mempelajari tips-tips di atas, kita bisa lebih menyadari akan pentingnya memelihara kesehatan payudara.