Intip Jenis Pukulan dan Posisi Tubuh dalam Pencak Silat

  • 2 min read
  • Aug 28, 2021
Jenis Pukulan dan Posisi Tubuh dalam Pencak Silat

Pencak silat adalah salah satu cabang olahraga beladiri yang berasal dari kawasan di sekitar Asia khususnya di Asia Tenggara dan lebih khususnya lagi adalah Indonesia. Adapun awal dari beladiri silat ini adalah teknik pertahanan yang harus dikuasai oleh seluruh prajurit kerajaan di masa yang lampau. Tujuannya adalah untuk bertahan dari berbagai serangan orang lain serta kejahatan serta melindungi anggota badan. Mamun seiring dengan bertambahnya waktu maka di era sekarang pencak silat dimasukkan ke dalam kegiatan olahraga di sekolah-sekolah umum. Indonesia sendiri adalah negara yang cukup membanggakan dalam seni olahraga beladiri pencak silat. Tidak sedikit kita mendengar para atlet yang menguasai ilmu teknik dasar sampai ilmu teknik internasional.

Manfaat Pencak Silat

Ada manfaat dalam pencak silat yang perlu diketahui yaitu memiliki unsur yang cukup baik untuk membentuk karakter agar lebih lebih baik lagi. Tentu pengaruhnya sangat besar khususnya untuk pembangunan budi pekerti dimana tidak hanya melatih secara fisik namun juga jiwa raga anak sehingga memiliki mental dan keberanian menghadapi berbagai kesulitan. Bagi orang tua yang ingin mengajarkan sikap ini bisa membawa anak untuk bergabung dengan salah satu klub untuk belajar pencak silat karena memang sangat banyak manfaatnya. Dari dalam pendidikan pencak silat itu sendiri banyak ditemui tentang adab, adat serta pembentukan karakter. Sangat bagus bukan?

Adapun yang dimaksud dengan pencak itu sendiri adalah cara berlatih yang berdasarkan pada kesiapan setiap gerakan. Sedangkan silat adalah kepandaian untuk menjaga diri dari serangan yang tidak terduga dengan menggunakan gerakan gerakan yang sudah dilatih dan berdasarkan pada kesiapan dan ketangkasan.

Ada beberapa teknik pukulan dalam pencak silat yang harus di ketahui khususnya bagi Anda yang hobi dalam berlatih bela diri. Berbicara soal pukulan dalam pencak silat memang teknik ini harus dikuasai dengan baik agar saat bertanding tidak mengalami masalah. Bagaimana mempelajarinya? Di media online sendiri cukup banyak teknik yang bisa dilatih apakah melalui situs maupun video yang diberikan secara gratis. Beragamnya pukulan yang harus dilatih memiliki tujuan masing-masing entah itu untuk bertahan dari serangan lawan maupun memukul lawan agar jatuh.

Salah satunya adalah pukulan depan atau biasa disebut dengan pukulan lurus dimana untuk melakukannya ini dengan menggunakan lintasan lurus ke arah depan. Agar badan tidak mengalami cidera maka harus dilakukan dengan benar dan tepat. Seperti harus menggunakan dua posisi sikap yang berbeda dimana posisi yang pertama tangan digunakan untuk menyerang. Kemudian, posisi yang satu lagi tangan tidak sejajar dengan posisi kaki depan.

Ada juga pukulan bandul yang menggunakan teknik menggerakkan tangan secara membandul dari bawah ke atas. Untuk melakukan gerakan ini maka posisi tangan harus ditekuk dengan gerakan kaki yang bervariasi. Atau, bisa juga dengan posisi kaki depan sejajar dengan tangan yang digunakan untuk menyerang.

Masih banyak lagi jenis pukulan seperti pukulan tegak, pukulan melingkar dan pukulan samping dimana masing-masing pukulan tersebut harus dibarengi dengan sikap berdiri yang tegak. Jika tidak, resiko terbesar adalah pemain akan jatuh dan tendangan atau pukulan tidak maksimal. Kalau sudah begini, biasanya pihak lawan akan mengambil kesempatan ini untuk menjatuhkan Anda. Satu hal yang tidak diinginkan bukan? Jadi, tidak ada salahnya untuk lebih belajar tentang pukulan dalam pencak silat agar lebih maksimal dan optimal. Selamat berlatih!