3 Tips Sukses Investasi Reksadana

  • 2 min read
  • Sep 04, 2021
Tips Sukses Investasi Reksadana

Saat ini ada dua jenis investasi, yakni investasi riil dan non riil atau investasi keuangan. Untuk investasi keuangan sendiri juga sudah banyak macamnya, yakni mulai dari deposito, terus reksa dana, obligasi, dan juga saham. Jika kamu sudah mulai tertarik dengan yang namanya investasi pada sektor keuangan, maka bisa memilih instrumen yang sesuai dengan kebutuhan. Ini artinya kenali risikonya terlebih dahulu.

Untuk kamu yang sama sekali belum pernah berinvestasi di instrumen tersebut, maka kamu jangan takut dan mengurungkan niat hanya karena tidak tahu caranya. Saat ini ada salah satu investasi yang bisa dilakukan bagi pemula yakni adalah reksa dana, karena dianggap sebagai investasi yang paling mudah dijangkau dan juga dapat dilakukan oleh para investor pemula. Lalu apa saja cara atau trik investasi reksa dana bagi kamu yang pemula tanpa rasa khawatir dengan modal yang juga sangat terjangkau? Untuk itu simak tips berinvestasi di reksa dana berikut ini.

Harus Bisa Pahami Reksa Dana Dahulu

Pada sebagian orang yang tidak mengetahui adanya reksa dana yakni sebagai investasi mudah yang bisa dijalankan oleh pemula. Pastinya hal pertama yang harus diketahui bagi yang berniat untuk memulai investasi di instrumen ini adalah yakni apa itu reksa dana?

Pengertian Reksa dana adalah wadah yang digunakan para masyarakat untuk berinvestasi di instrumen-instrumen pasar keuangan. Ini terdapat juga dalam aturan reksadana ini yang tertera di Undang-Undang Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995. Kamu juga tidak perlu khawatir berinvestasi karena reksadana ini karena sudah terdata di pemerintah dan bersifat resmi dan di awasi oleh OJK.

Memahami Bagaimana Cara Kerja dari Reksadana

Kamu harus tahu bahwa ada beberapa kelebihan dari reksa dana adalah adanya verifikasi investasi, yang di mana investasi akan dipecah ke beberapa instrumen. Sehingga dalam investasi ini bukan hanya ditanamkan pada satu perusahaan saja, akan tetapi di beberapa perusahaan, besar lainnya.

Sehingga dengan cara kerja reksa dana tersebut, maka saat nilai suatu saham di perusahaan A turun, maka tidak serta merta untuk dana yang diinvestasikan di instrumen ini juga ikut turun. Namun melainkan investasi kamu akan tetap aman karena masih punya investasi yang di tempatkan di instrumen ataupun perusahaan lainnya oleh pihak manajer investasi.

Bukan hanya memberikan return yang cukup besar, namun reksa dana juga merupakan salah satu instrumen investasi yang mudah diakses. Hal ini karena investasi ini telah memiliki wilayah yang sangat luas, maka kamu juga harus bisa menggali informasi dengan baik. Yakni memulai dari apa saja yang dibutuhkan, selanjutnya bagaimana alur atau perjalanannya sehingga dapat bagus dan bisa berkembang, dan juga tentang bagaimana kemungkinan atau bagaimana kelebihan dan keuntungannya. Bukan hanya itu informasi mengenai jangka waktu reksa dana juga menjadi sangat penting. Jangan lupa cari hal tersebut dan juga maksimalkan informasi yang kamu punya.

Harus Bisa Tentukan Tujuan

Sesudah mengetahui bahwa jenis reksa dana sangatlah banyak, maka selanjutnya kamu harus cari dan tentukan tujuan kamu sendiri. Sehingga kamu juga harus memahami tujuan berinvestasi dan kenapa memilih reksadana.

Lantas seberapa banyak investasi yang ingin kamu tanamkan di reksa dana? Dan apakah investasi kamu untuk jangka pendek ataupun jangka panjang?

Dan setelah menentukan itu semua, maka jalan kamu akan lebih terarahkan dengan sangat baik sesuai dengan kebutuhan dan juga apa yang direncanakan tentu akan sangat sesuai dengan tujuan. Hal ini karena reksa dana ini juga bersifat luas, maka kamu harus mempersempit ruang gerak kamu supaya lebih terfokus dan juga lebih jelas.